About, Keluarga Ngencung,Welakaweng

Tentang Keluarga Ngencung

“What can you do to promote world peace? Go home and love your family.” – Mother Teresa

PERKENALKAN,  KELUARGA PETUALANG

Kami tinggal di Ngencung (nama kompleks tempat tinggal), Kelurahan Watu, Ruteng, Flores. Gampangnya Kami menyebut diri : Keluarga Ngencung. Anggota keluarga Ngencung asyik-asyik dan senang berpetualang.

Papa Leo (Leonardus Nyoman) : adalah orang yang paling mahir memandu dalam keluarga kami. Terang saja, Papa Leo adalah seorang pemandu wisata dan tour organizer.  Terberkati Papa Leo karena beliau termasuk golongan orang yang berprofesi sesuai dengan hobinya. Papa Leo pergi ke mana-mana, ke sebagian besar provinsi di Indonesia dan juga ke sejumlah tempat di dunia.  Papa Leo juga gemar fotografi dan memotret detail-detail keindahan yang dijumpainya. Sebagian besar foto-foto di  blog ini adalah hasil jepretan Papa Leo …………

“Take it easy” itu semacam motto Papa Leo.

Mama Lila (Fransiska P.L.Jehaun): Sejujurnya Mama Lila seorang penakut dan pencemas. Mama senang membaca buku tentang tempat-tempat di dunia tetapi enggan bepergian karena mabuk naik kendaraan, takut naik pesawat dan bla-bla. Penasaran akan tempat yang ada di bacaan berperang dengan rasa takut untuk keluar dari rumah. Sedikit demi sedikit  Mama belajar menaklukan rasa takut dan puas benar rasanya (makanya Mama menulis di blog ini).

Tertular Papa Leo, mama Lila ikut-ikutan doyan bepergian dan fotografi. Bersama papa leo Mama lila mulai ketagihan masuk hutan, pergi ke kampung-kampung yang jauh dan bahkan ke luar negeri.

Mama Lila seorang Mama rumah tangga dan mencintai dunia pendidikan. Mama tak bosan berbicara tentang pentingnya sekolah jika bertemu anak-anak di setiap perjalanan. Bersama temannya (Mama Ancik dan Mama Tati), mama Lila mendirikan Komunitas Tosodimar (Komunitas Pelangi) yang mengurus anak-anak yang kesulitan bersekolah.

Kakak Oca (Rosmaria Bintang Leonarda): Kakak Oca tidak pandai bercerita (jika bercerita subyek predikat obyek tak jelas posisinya he he he) tetapi Kakak Oca sangat pandai bermain organ.

Setiap ada kesempatan Kaka Oca suka mengunjungi tempat-tempat  menarik bersama Papa Mama, Adik Iel, dan Tante-tente  di rumah. Tak jarang juga  Kakak Oca mengajak serta para sepupu dan tetangga. Pantai, pancuran Wae Wua dan Rana Mese adalah contoh  tempat yang sangat sering dikunjungi. Pada liburan naik kelas bulan Juni 2016 Kakak Oca bersama papa Mama, adik, Lala (sepupu), dan Tante Nita melakukan perjalanan sangat panjang dengan mobil dari Ruteng Manggarai, Flores, melewati laut (naik feri) ke pulau Sumbawa, Pulau Lombok, Pulau Bali dan berlanjut ke Surabaya dan Malang (dua kota terakhir naik pesawat.

Adik Iel (Yehezkiel Awanf Paska) : adik Iel tak pernah ketinggalan dalam urusan pesiar. Pantai adalah tempat yag sangat disukai. Iel sering ke pantai seperti pantai pulau Seraya, pantai Pede, pantai Reo dan pantai Borong. Jika menceritakan kembali soal piknik yang lalu, Iel suka mengembangkan kejadian dengan memasukan imajinasinya sendiri. Masa si Naruto pernah berenang di Reo atau si Spiderman pernah terbang di atas pantai Gorontalo Labuan Bajo.  Iel juga beberapa kali liburan ke Bali, dan bertualang bersama ortu, kakak, tante dan para sepupu ke pulau-pulau di Taman Nasional Komodo. Saat islands hoping (jalan-jalan keluarga, melompat dari pulau ke pulau) Iel sangat menikmati. Berbeda dengan kakak Oca yang sempat sakit, Iel tetap segar bugar menikmati parade kambing-kambing di Bima hingga lari-lari di museum Angkut Malang

Tanta Yulin (Yuliana Jelining) : Tanta Yulin adalah adik perempuan Papa Leo. Kadang-kadang Tanta Yulin tidak ikut piknik keluarga karena harus mengerjakan tugas dari kampus, tetapi Tanta Yulin pernah melakukan tur panjang hingga ke kota Larantuka saat Semana Santa tahun 2012. Perjalanan Ruteng-Larantuka melewati tempat-tempat bagus sepanjang Flores seperti Ngada, Kelimutu, Ende, dan Sikka.

Tanta Nita (Yasinta Dinur): Tanta Nita selalu bersama Iel. They are friends in crime. Mereka selalu bertengkar, membuat keributan tetapi selalu bersama. Tanta Nita tidak pernah mabuk setiap kali naik kendaraan ke mana saja. Seperti Iel, Tanta Nita suka sekali bermain di pantai. Ia belajar berenang pertama kali saat kami sekeluarga berlibur dua hari di Reo.

Keluarga Ngencung

The most important thing in the world is family and love (John Wooden)

Fransiska Jehaun
(Mama Lila)

Leonardus Nyoman
(Papa Leo)

Rosmaria Bintang Leonardus
(Kaka Oca)

Yehezkiel Awang Paska
(Adik Iel)