Pulau dan pantai lain di TNK

Pantai lainnya di Taman Nasional Komodo (TNK) yang bagus dikunjungi bersama keluarga adalah Pantai pulau Kelor, Bidadari, dan Kanawa. Pantai-pantai ini dapat dilalui sekali jalan, dan relatif tidak jauh dari Labuan Bajo.

Pasir putih dan bebatuan di pantai pulau Bidadari adalah tempat yang baik buat pengunjung segala umur. Pantai pulau Kelor bak cermin, sangat baik untuk berenang, snorkling, diving, atau sekedar menonton ikan menari. Pulau Kanawa menjadi tempat yang terjangkau untuk menginap sambil menikmati senja atau berjalan-jalan di bukitnya.

Tahun 2014 kami keluarga besar ditambah beberapa teman dan anak-anak mereka ‘berlayar’ kembali. Jumlah anak usia di bawah 13 tahun sembilan orang, orang dewasa enam orang (belum termasuk kapten dan juru masak kapal) dan seorang remaja. Rameeeee. Bayangin hiruk pikuk membawa sejumlah anak yang mondar mandir di kapan, cek kamar, naik ke atap, ke dapur, kamar dst bolak balik. Anak-anak takjub dan tak berhenti mengagumi apa yang dilihatnya : bukit-bukit kering, pulau-pulau, kapal-kapal. Juga tentang kamar tidur dan toilet. Makanan di kapal lezat bukan main hingga tandas. Pisang goreng panas dan teh kopi. Makan siangnya cumi goreng tepung, sayuran, mie, ikan kuah, buah-buahan. Pulau perhentian pertama adalah Pulau Rinca. Anak-anak akan melihat langsung dengan mata kepalanya: binatang purba legendaris bernama Komodo. Mama agak cemas…. trims God ternyata saat itu musim kawin komodo sehingga binatang itu tak berkeliaran di mana-mana. Anak-anak dinaikan ke teras rumah panggung dan dari sana bebas memandang sepasang komodo yang berkencan.

Oya sebelum itu kami semua dikumpulkan mendengar semacam briefing dari pomandu taman nasional. Anak-anak boleh bertanya dan menyentuh tengkorak kerbau yang berjejer di sana. Membawa anak-anak kecil bertemu komodo : serem serem asyikk.

Sambil tak berhenti berceloteh tentang si komo dkk, kami menuju Pulau kelor. Pasir putih dan air laut hangat bikin betah sampai lupa waktu. Di bagian tertentu kita bisa celupkan muka ke laut dan berfoto bersama ikan-ikan warna warni.

Selain bersama anak-anak Mama Lila dan Papa Leo beberapa kali berlayar berdua atau bersama beberapa teman. Ke Kanawa, Pulau sebayur, Bidadari, Pink Beach, Loh Buaya dan pulau-pulau lain. Laut biru, aktivitas kapal-kapal wisatawan, mengecek akomodasi hotel adalah pekerjaan tapi ada embel-embelnya: pekerjaan yang asyik. Makan siang di kapal itu sepengalaman kami selalu lezat. Mama Lila bahkan diajarkan cara membuat pisang goreng ala chef kapal: pakai kocokan telur dan dihidangkan dengan keju. Kentang goreng dan spaghetti juga ada (asal dipesan sebelumnya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *